KULIT

Posted: March 23, 2011 in islam
Tags: , , , , , , ,

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karuniaNya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.”
[Ar-Ruum:23]

Allah memang suka memberikan hikmah dan pelajaran disaat-saat yang tak terduga, di sepertiga malam-Nya ini, gw baru aja merenungi ttg wrapper tubuh kita yang sangat sempurna, yah tentang organ terluas dan terberat dari tubuh manusia, yaitu Kulit

Tuhan kita yang Maha, telah menciptakan kulit yang super duper keren, saya menyadari saat saya menaruh bekal yang panas ke dalam tempat makan saya yang kedap udara dan air kita sebut saja lock and kunci. ketika saya masukkan bekal makanan saya yang masih panas ke dalamnya kemudian saya tutup dengan rapat, maka beberapa saat kemudian langsung terlihat uap air yang tertampung dan tidak dapat keluar dari tempat makan tersebut. dan ketika tempat makan itu saya buka, maka bekal saya tadi sudah basah, karena uap air tadi.

sejenak saya berpikir…

bukankah tubuh saya juga menghasilkkan panas? bagaimana bisa otot-otot, fascia, vessel, nerve, bahkan visceral organ saya tidak basah seperti bekal saya tadi? bagaimana pula hasil MRI tubuh manusia memperlihatkan adanya gradasi suhu dari sumbu tubuh hingga ke bagian luar? bagaimana jadinya jika tubuh ini tidak anti air seperti si lock dan kunci tadi? akan menggembung kah seperti balon yang terisi air? atau akan seperti sponge?

subhanaallaaaahh…

“…..Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang beriman.” Q.S An-Nahl 79

yah itu lah kebesaran Allah..semua fungsi organ di tubuh ini diciptakan bukan karena tidak ada tujuan..*kata-kata klise but its true!. semakin kita menyelami anatomi tubuh kita ini, semakin kita tunduk, bersyukur, malu dan semakin cinta kita dengan Tuhan yang Maha mengetahui Allah SWT. mari kita bahas satu-persatu..🙂

bukankah tubuh saya juga menghasilkkan panas? bagaimana bisa otot-otot, fascia, vessel, nerve, bahkan visceral organ saya tidak basah seperti bekal saya tadi?

Allah menciptakan kulit kita dengan banyak fitur, salah satunya adalah fitur tercanggih yaitu kelenjar keringat. Organ-organ yang tertutupi oleh kulit tidak basah karena ia mempunyai saluran pembuangan ke permukaan kulit..loh? jadi kulit kita bolong-bolong dong? yap! benar sekali kulit kita ini mempunyai lubang atau pori-pori di permukaannya. pengeluaran keringat sebenarnya merupakan proses termoregulator tubuh, asik kan bahasanya😛 ia bekerja sama dengan pembuluh kapiler permukaan kulit untuk membantu pengeluaran panas. makanya, kalau tubuh kita kepanasan maka yang basah diluar kulit, bukan organ-organ didalamnya..keren kan?

bagaimana pula hasil MRI tubuh manusia memperlihatkan adanya gradasi suhu dari sumbu tubuh hingga ke bagian luar?

itu adalah gambaran suhu tubuh kita, how come? suhu tubuh kita diatur oleh hypothalamus. Tetapi pekerja utamanya adalah fitur-fitur yang ada pada kulit yaitu kelenjar keringat dan sebum (sama seperti tadi, thermoregulator). suhu inti tubuh ditransfer melalui aliran darah ke tubuh bagian distal. kalau kita liat diagram diatas, terjawab sudah ya, kenapa kalau mengukur suhu itu di ketiak, telinga ataupu didahi🙂, kenapa gak di genggam aja tuh termometernya hehe😛. Nah, ketika suhu tubuh terlalu panas, maka pembuluh darah akan melebar sehingga memungkinkan untuk terjadinya pelepasan panas dari dalam tubuh, kalau terlalu dingin, pembuluh darah menyempit untuk mempertahankan panas jadi sempit=pelit haha. pembuluh darah yang sebelah mana yang seperti itu? tentu saja di bagian kulit kita🙂. another His sign, Subhanallah..

bagaimana jadinya jika tubuh ini tidak anti air seperti si lock dan kunci tadi?


tidak seperti buatan manusia lock dan kunci tadi, yang anti air luar dalam, tubuh kita ini anti air dari luar aja tapi bisa mengeluarkan air dari dalam *tadi udah kita bahas kan . kulit kita punya struktur lemak yang cukup tebal (liat gambar diatas yang warna kuning2 itu) yang fungsinya untuk mencegah masuknya air dari lingkungan luar tubuh melalui kulit.walaupun tubuh kita terkesan impermeable *tidak dapat ditembus apa-apa namun ia tetap dapat menyerap oksigen, karbondioksidda, vitamin-vitamin dan obat-obatan yang dapat larut dalam lemak *lipid soluble material asik banget deh ciptahan Tuhan yang satu ini.

selain fungsi-fungsi diatas, ternyata kulit kita juga merupakan penentu jodoh kita nantinya, nah loh? hahaha. kenapa aaya bilang seperti itu? karena kita mempunyai bau khas yang disebut pheromone ada yang pernah baca perfume? nah si pembunuhnya nyulik wanita berdasarkan feromon tersebut pheromone yang dihasilkan tubuh kita itu berasal dari kelenjar keringat dan sebum yang ada pada kulit kita. tapi pheromone bukan bau ketiak yah, kalo bau ketiak itu lain lagi😛 , bau pada ketiak kita itu karena adanya proses dekomposisi bakteri pada keringat yang kental , yang dihasilkan oleh kelenjar keringat apokrin. kel, keringat apokrin juga punya letak yang khusus, yaitu pada ketiak, payudara dan alat genital. untung ga diseluruh tubuh ye..haha

wokeh segitu dulu tadabbur kita tentang tubuh, kebetulan sedang sistem Dermatomusculoskeletal, kita ketemu disistem lainnya.hahahha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s