Ekonomi Global

Posted: May 22, 2009 in opini saiiia
Tags: , ,

EKONOMI GLOBAL

Oleh Tiara Ayu Murti, 0806453415

Judul               : Ekonomi Indonesia dan pengaruh global

Pengarang       : Agus Salim

Data Publikasi : http://www.antara.co.id/arc/2007/3/11/ekonomi-indonesia-dan-pengaruh-global/

Judul               : Ekonomi Global perkuat investasi lokal

Pengarang       : Maikel Sajang B

Data Publikasi : http://www.antara.co.id/arc/2008/10/28/krisis-ekonomi-global-perkuat-investasi-lokal/

Judul               : Global Warming vs Ekonomi Global

Pengarang       : Nessa Nendyta Tedji

Data Publikasi : http://www.riauinfo.com/main/news.php?c=12&id=1709

Perekonomian global dalam kurun waktu beberapa bulan belakangan ini mengalami turbulensi yang dipicu oleh kejatuhan sektor keuangan di Amerika Serikat, yang secara cepat merontokkan harga pasar saham di Indonesia.

Oleh karena itu, kata pendiri CWMA (Certified Wealth Managers Association), Maikel Sajang Bati dalam panel diskusi, di Jakarta, Senin(antara.co.id), para pelaku pasar jangan kapok berinvestasi, tetapi justru saat tepat untuk memborong harga saham yang saat ini sedang jatuh itu.

Dikatakan, krisis yang diawali oleh krisis subprime mortgage pada pertengahan 2007 yang membawa kerugian besar bagi bank komersial, bank investasi dan asset management yang mengelola instrumen keuangan berbasis kredit subprime mortgage, khususnya terhadap bank-bank besar global di kawasan Amerika Serikat dan Eropa, dengan cepat mempengaruhi perekonomian nasional.

“Indonesia juga diperkirakan akan terkena dampak lanjutan krisis keuangan global itu, yakni di sektor keuangan akan terjadi kekurangan pasokan likuiditas di sektor keuangan dan penurunan permintaan dan penurunan harga komoditas utama ekspor Indonesia, seperti Crude Palm Oil (CPO) dan Batu Bara (Coal),” (Maikel sajang:antara.co.id:28 oktober 2008)

Perekonomian Indonesia termasuk perkonomian dengan sistem terbuka dari sisi neraca pembayaran mulai dari perdagangan, arus modal masuk dan keluar (capital inflow atau outflow), dan kegiatan pemerintah melalui penarikan dan pembayaran utang luar negeri.

“Sebagai negara kecil dan terbuka dalam kancah ekonomi global, yang bisa dilakukan Indonesia adalah memperkuat pondasi ekonomi dan memperbesar fleksibilitas. Ekonominya harus fleksibel,” (Sri Mulyani: antara.co.id:11 maret 2007)

Berbagai keputusan harus bisa disesuaikan atau diubah secepatnya ketika memang harus diubah dalam kondisi perekonomian yang overheating (kepanasan).

Dalam beberapa kurun waktu perekonomian Amerika Serikat (AS) dan Cina telah menjadi dua mesin ekonomi utama di dunia. Kemudian perekonomian di beberapa kawasan seperti India, Jepang, dan Eropa juga kembali menggeliat.

Sudah sejak 2003 hingga 2004, berbagai kalangan melihat bahwa perekonomian AS sebagai lokomotif perekonomian dunia sudah tidak sustainabel karena perekonomian AS selalu mengalami defisit.

Namun karena pemerintahannya tidak ingin mewariskan kondisi ekonomi dalam kondisi jelek maka mereka banyak menetapkan policy agar momentum pertumbuhan ekonominya tetap tinggi seperti melakukan pemotongan pajak besar-besaran.
Dalam pemicu kali ini, tujuan terbesar dari pembukaan lahan yang terjadi di Riau adalah untuk menjadikannya sebagai pusat bisnis dan perkantoran. jelas sekali terlihat bahwa uang lah pemicu utamanya, ekonomi global merupakan salah satu alasan terjadinya pembukaan lahan tersebut karena menurut Faisal Basri dalam Kompas 2008, salah satu usaha untuk meredam dampak ekonomi global adalah pembangunan inventasi local. Tetapi, hal ini sangat merugikan Negara karena hutan yang menjadi ‘korban’ pembukaan lahan ini adalah hutan lindung, yang mempunyai fungsi untuk menjaga keseimbangan alam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s